Jupe Fried Chicken (JFC) Media Planning Promotion



MEDIA PLANNING JUPE FRIED CHICKEN RESTAURANT BERDASARKAN RISET INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS.

Epilog disclaimer: 
Postingan blog ini membahas  review IMC JFC atau Jupe Fried Chicken, yang merupakan Brand outlet fast food milik artis ternama Julia Perez (alm). Materi ini dibuat pada saat tugas matakuliah advertising. Saat itu konsep brand marketing JFC menarik untuk dianalisa karena dibalik brand tersebut terdapat campur tangan artis ternama tanah air. Pada isi materi ini saya bersama kelompok menganalisis bagaimana kombinasi duet antara artis sebagai pelaku seni namun juga memiliki peran besar dalam sebuah kemajuan sebuah brand di industri bisnis makanan atau franchise.
Disini dibahas mengenai strategi marketing sebuah brand atau produk agar dapat diminati oleh calon konsumen. Beberapa pembahasan yang dirangkum untuk media planning JFC sebagai berikut:

1.Pemasaran Langsung (Direct Marketing). 
Pemasaran langsung atau direct marketing adalah metode penjualan di mana penjual mendekati pembeli secara langsung dengan produk atau jasa. Bentuk pemasaran langsung yang paling umum adalah penjualan melalui telepon, email, media cetak (misalnya, katalog, brosur) atau pemasaran berjenjang.

PROGRAM PEMASARAN LANGSUNG JFC:
1.JFC menyediakan outlet-outlet offline yang dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan bertransaksi dan memberikan kenyamanan pada pelanggan ketika mereka berkunjung ke outlet JFC.
2. Adanya bus JFC JUPITER (JUPE MUTER) yang nantinya akan stand by berjualan setiap weekend dan Car free day di daerah Dago Bandung.

2.Izin Pemasaran
PERIZINAN JFC FAST FOOD RESTAURANT:

Dalam proses perizinan pendirian restorann JFC, maka JFC telah memenuhi izin syarat Pengaturan, regulasi, dan standarisasi dari lembaga BPOM, serta telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. KODE PRODUKSI JFC yang telah lulus uji tahap verifikasi dari pemerintah adalah :
BPOM RI MD 227111034335.
Dalam proses pembuatan izin pendirian tempat usaha, JFC juga telah mengantongi izin legalisasi dari pemerintah dan sudah lolos dari persyaratan dap tahap verifikasi yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

3.Program Frekuensi Pembelanjaan. 
Sebagai strategi perusahaan JFC (Customer Relationship Management) untuk mengikat konsumen dengan sebuah pembelian yang telah dilakukan. Pada tujuan akhirnya untuk meningkatkan profit perusahaan dan meningkatkan kepuasan konsumen, mempertahankan pelanggan yang lama & menambah pelanggan yang baru.

program Frekuensi Pembelanjaan JFC:

1. Khusus untuk pelanggan JFC yang mempunyai Member Card akan mendapatkan kesempatan untuk holiday bareng bersama artis Brand Ambassador dengan ketentuan syarat dalam jangka waktu 6 bulan. Para konsumen ketika berbelanja di JFC akan mendapatkan kupon khusus event holiday ke Singapore apabila mereka sudah mencapai transaksi min> RP.100.000/order.
2. Sales Promotion :
a) penawaran harga khusus pada setiap pelanggan JFC yang mempunyai Member Card,
b) Diskon 5% (+5% Member Card) setiap hari bagi konsumen yang membeli produk JFC pada jam tertentu 17.00-19.00 (dengan tujuan kusus segmentasi pasar pada para karyawan yang pulang kerja.
**syarat & ketentuan berlaku**

3. Pembagian hadiah langsung/merchandise.

PROGRAM MEDIA PALNNING JFC:
1. Advertising.
a) Membuat iklan di media cetak (tabloid NOVA & majalah GENIE) terbit setiap 2 sekali. Alasan menggunakan tabloid NOVA (tabloid khusus kuliner) sesuai target segmentasi pasar yaitu khusus ibu-ibu. Majalah Genie sesuai target segmentasi pasar yaitu usia remaja, pemasangan iklan (Halaman 1)

b) Radio (Ardan & Dahlia) kusus untuk acara fun bike=JFC menjalin kerjasama bisnis advertising dengan berbagai radio di Bandung (masing2 radio mewakili target segmentasi pasar JFC). Dengan waktu siaran:
pagi 06.00-08.00.
siang 11.00-13.00
malam 17.00-22.00.
Dengan tujuan waktu tersebut ialah diharapkan dapat memenuhi keseluruahan segmentasi pasar. DI IKLANKAN SELAMA 1 BLN.
Dan diwaktu-waktu tertentu secara psikologis diharapkan dapat menstimulus atau mempengaruhi pendengar para pendengar untuk pada finalnya memilih JFC sebagai pilihan mereka yang paling utama.

2.Sales Promotion.
Adanya penawaran parga khusus pada Setiap pelanggan JFC yang mempunyai  Member Card.

3.Personal Selling.
Konsumen adalah bagian terpenting dalam target pasar Jupe Fried Chicken. Konsumen yang konsumtif juga merupakan sasaran utama maka dari itu promosi yang kami lakukan untuk JFC dalam program personal selling adalah dengan cara membagikan flyer di persimpangan jalan dan membuat event berskala besar seperti Fun Bike serta menggundang langsung Brand ambassador agar mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat untuk datang dalam event tersebut. Karena kami rasa dengan mengadakan event tersebut akan dapat menyedot perhatian berbagai kalangan mulai dari anak kecil, dewasa, maupun yang sudah berkeluarga, sesuai dengan segmentasi JFC yang mencangkup semua kalangan.

4.Di dalam bis JFC JUPITER sudah ada cakupan mix marketing dari (Direct Marketing, Sales promotion & personal selling).

5.Sosial Media.
1.Adanya program kontes “FUN PHOTOGRAPHY WITH JFC” yakni JFC membuat strategi soft marketing dengan cara melalui promosi internet di acara tersebut, dimana masyarakat dapat mengikuti kontes photografi semenarik mungkin dengan konten JFC.

2.Program Public Relations (PR), menjalin relasi antara perusahaan dengan karyawan agar makin erat hubungan secara formal maupun informal. Mengundang media dan melakukan press conference untuk event fun bike khususnya. Melakukan relasi dengan pihak PEMKOT kota Bandung agar brand image JFC bisa lebih strong di semua kalangan.

3.Special Programing PR dan CSR.
bekerjasama dengan pemkot kota Bandung dan instansi pendidikan untuk acara penggalangan dana dengan tema “JFC UNTUK NEGERI”. Dimana kegiatan positif itu mengajak kaum pelajar bersama pemkot kota Bandung untuk lebih membangun serta memajukan sarana & prasarana pendidikan di kota Bandung. Dalam program tersebut JFC ingin membangun sebuah kredibilitas dan kepedulian image terhadap masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOTSPOT : (Fantasi friend with benefit)

Kenalan Sama Oppo App Market (Gadgetin)