Depresi dan Cara Sederhana penanganannya

secara tidak sengaja aku membaca berita yg lagi lagi menyedihkan.
meninggal gantung diri di kamarnya. Sebelumnya dia sudah didiagnosis mengidap depresi, dan sayangnya ia tidak selamat.
-
Sebagai seseorang yang juga mengidap depresi, mungkin sekali-kali aku harus menyerukan kepada masyarakat apakah itu depresi dan cara merawat orang yang mengidap depresi.

Depresi itu psikologis. Mungkin ini penyebab depresi diremehkan oleh banyak orang, tetapi banyak orang yang tidak tahun bahwa apa pun yang bersifat psikologis, pada akhirnya pun bersifat biologis. Depresi itu tidak hanya penyakit mental, tetapi juga penyakit fisik. Depresi bukan hanya sesuatu yang terjadi dalam pikiran, depresi sungguh-sungguh mengubah kimia dari otak dan tubuh pengidapnya.
-
Walau depresi itu dianggap sebagai "flu bulanan" dalam konteks psikologis, bahkan ada saja yang meninggal karena flu bulanan itu. Jika tidak ditangulangi, depresi hanya akan memburuk (karena dengan penangulangan saja, depresi masih bisa terus memburuk).

Jika diremehkan dan dilupakan, pengidap depresi akan menghabiskan waktunya mencari cara untuk menambahkan dopamin dalam tubuhnya (karena depresi disebabkan oleh kekurangan dopamin). Dopamin ini bisa dicari dengan menjadi agresif dan menjadi pemarah, merokok, mencari candu, melukai diri, dan banyak lagi. Jika diteruskan, pengidap dapat menjadi antisosial dan menjauhi orang-orang yang disayang.

WALAUPUN sebenarnya ketika fase itu tiba, ia justru membutuhkan orang-orang yang ia sayang. Jika pengidap tidak dapat memenuhi pasokan dopaminnya, ia akan tenggelam dalam candu, atau berusaha mengakhiri dirinya sendiri demi menghentikan rasa sakit yang ia alami.
-
Aku tahu, mengurus orang yang depresi akan membuatmu lebih sedih, kesal, dan putus asa dari orang depresi itu sendiri. Karena, yah, orang depresi cenderung antisosial, agresif, dan menjauhi kamu.
Depresi membuatmu menyerah dalam hidup. Jika orang sekitarnya menyerah pula, bagaimana mereka mau untuk terus hidup?

Berikut tip untuk menghadapi orang depresi:

1. Ada dua tipe orang depresi: pemarah, dan pelamun. Jika kamu berhadapan dengan tipe pemarah, jadilah air yang mendinginkan suasana--bukan api yang lebih besar. Jika kamu berhadapan dengan tipe pelamun, sibukkanlah dirinya, ajak dirinya melakukan sesuatu yang mengundang adrenalin.

2. Orang depresi akan terus menerus berusaha menjauhi kontak sosial (walaupun ini biasanya tidak disengaja). Banyak yang menganggap bahwa mereka memang ingin sendiri, tetapi justru pada saat seperti inilah mereka butuh bantuan sosial dari kamu.

3. Orang depresi mood-nya bisa hancur dengan cepat dan seketika; mereka menyerap negativitas dengan begitu cepat. Jauhkan mereka dari segala macam hal negatif walaupun kamu sendiri yang tengah mengalami hal negatif itu. Buatlah mereka merasa bahwa semua baik-baik saja, dan undang mereka untuk merasa baik-baik saja.
-
Ayo mulai menganggap serius depresi.
Karena depresi penyakit sungguhan, bukan penyakit yang dibuat-buat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOTSPOT : (Fantasi friend with benefit)

Kenalan Sama Oppo App Market (Gadgetin)